"SATU JIWA!!!"

CIVIC LAW EDUCATION AND ORIENTATION #5 (CLEO #5)

 CIVIC LAW EDUCATION AND ORIENTATION #5 (CLEO #5)

Kegiatan CLEO bagi mahasiswa baru sudah menjadi tradisi di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan pada awal Tahun ajaran baru. Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan mengadakan kegiatan CLEO untuk mahasiswa baru Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Tahun ajaran 2023/2024. 

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan Cleo #5

Kegiatan ini ditujukan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru bagaimana menjadi bagian dari Masyarakat ilmiah kampus nantinya. Selain itu, kesempatan ini juga digunakan untuk memupuk rasa persaudaraan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa baru, mahasiswa baru dengan senior, maupun mahasiswa baru dengan pejabat structural dan dosen. Adapun tema yang diambil dalam kegiatan ini yakni "Membangun Karakter Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Disiplin, dan Aktif diera Revolusi 5.0". Dengan tema ini, mahasiswa akan diberikan pemahaman tentang pentingnya karakter yang kuat dan nilai-nilai yang dibutuhkan di era Revolusi 5.0. Mereka akan diberi motivasi dan arahan untuk membangun karakter yang bertanggung jawab, disiplin, dan aktif, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.

Kegiatan Civic Law Education And Orientation atau yang biasa kita kenal dengan sebutan CLEO berlangsung selama 2 hari yakni pada minggu, 20 Agustus 2023 hingga Senin, 21 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan serta para peserta yang mengulang kegiatan CLEO ini.

Pada hari Minggu, 20 Agustus 2023 telah berlangsung kegiatan Civic Law Education and Orientation (CLEO) mahasiswa baru Program Studi Ilmu Hukum dan Program Studi PPKn Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Acara tersebut dilaksanakan pada 2 paruh yaitu paruh pagi dan paruh sore. Kegiatan Civic Law Education and Orientation (CLEO) dilaksanakan di Open Stage FHIS, Ruang Seminar FHIS, dan ruang 2 FHIS A. Kegiatan upacara pembukaan CLEO dilaksanakan di Open Stage FHIS dimulai pada pukul 08.15 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan sekaligus membuka acara dengan resmi, Sekretaris Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Koordinator Program Studi Ilmu Hukum, Koordinator Program Studi PPKn, Pembimbing Kemahasiswaan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, dan seluruh staf dosen Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, serta Mahasiswa baru peserta Civic Law Education and Orientation (CLEO). Sebelum mengikuti kegiatan pembukaan, para peserta Civic Law Education and Orientation (Cleo ) melaksanakan agenda pemeriksaan terlebih dahulu terkait dengan perlengkapan, ketertiban,dan kehadirannya.

Gambar 2. Sambutan Oleh Ketua Jurusan
Hukum dan Kewarganegaraan

Kegiatan pembukaan di diawali dengan pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa. Setelah pembacaan doa, dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari ketua panitia pelaksana Civic Law Education and Orientation (CLEO) kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan sekaligus membuka acara Civic Law Education and Orientation (CLEO) tahun 2023.

Kemudian acara dilanjutkan di Ruang Seminar FHIS dan Ruang 2 FHIS A dengan acara sosialisasi dari Koordinator Program Studi Ilmu Hukum dan Koordinator Program Studi PPKn terkait dengan kurikulum program studi, pendamping akademik, kartu rencana studi, dan surat keterangan pendamping ijazah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan terkait diadakannya kelas di Denpasar untuk prodi Ilmu Hukum. Setelah itu peserta kembali lagi ke Open Stage untuk menerima pengumuman dan diperbolehkan untuk beristirahat kembali kerumah masing- masing. Pada pukul 13.00 WITA peserta berkumpul kembali di Open Stage FHIS untuk melakukan presensi. Setelah melakukan presensi peserta melanjutkan kegiatan, seperti Penyampaian dari narasumber dan mahasiswa berprestasi. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman dan persiapan pulang ke rumah masing – masing.

Dilanjutkan dengan hari kedua, pada Senin, 21 Agustus 2023. Kegiatan Civic Law Education and Orientation (CLEO) dilaksanakan di Open Stage FHIS, pada pukul 10.45 sampai pukul 17.00 WITA. Kegiatan dihari kedua ini dilaksanakan hanya 1 paruh saja. Kegiatan Diawali dengan inspeksi peserta dan pengumpulan tugas, dilanjutkan dengan sosialisasi SKP oleh Koordintor bidang 3 dan sekretaris bidang 3. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi iuran mahasiswa baru Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan oleh bendahara 1 dan bendahara 2 HMJ Hukum dan Kewarganegaraan. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi program kerja HMJ Hukum dan Kewarganegaraan. Setelah kegiatan tersebut selesai, peserta diberikan waktu istirahat selama 1 jam di area Open Stage FHIS. Setelah istirahat, peserta CLEO dikumpulkan dan melanjutkan kegiatan yakni pengenalan fungsionaris dan Demisioner HMJ Hukum dan Kewarganegaraan, setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan dosen luar biasa. 

Gambar 3. Penampilan Pentas Seni

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Pentas Seni. Berbagai penampilan unik dari peserta CLEO ada diatas panggung dengan semangat dan kekompakan bersama dengan kelompoknya. Setelah acara Pentas Seni selesai, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pesan kesan, yang mana di dalamnya terdapat pemberian penghargaan kepada peserta dengan tugas orasi   terbaik   dan  kelompok  terbaik.   Setelah   itu,   acara   ditutup   dengan pengumuman – pengumuman.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages