"SATU JIWA!!!"

CIVIC LAW SCIENTIFIC FAIR (CLSF) TAHUN 2023

PELAKSANAAN CIVIC LAW SCIENTIFIC FAIR (CLSF) TAHUN 2023 OLEH HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN MASA BAKTI 2023/2024

Civic Law Scientific Fair (CLSF) Tahun 2023 merupakan pekan ilmiah di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Kegiatan ini terbentuk karena ada penggabungan beberapa program kerja dari bidang satu HMJ Hukum dan Kewarganegaraan dan baru pertama kali diadakan.


Pelaksanaan kegiatan Civic Law Scientific Fair oleh HMJ Hukum dan Kewarganegaraan yang pertama dilaksanakan pada Senin (15/05/2023) s.d Selasa (16/05/2023) yang bertempat di Auditorium Universitas Pendidikan Ganesha dan Ruang Seminar Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial. Dengan mengusung tema Peran Generasi Muda dalam Pemilu: Membangun Partisipasi dan Kesadaran Politik”.

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan

Dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi siswa dan mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis serta mengekspresikan pendapat, selain itu tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk membantu meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi aktif generasi muda dalam proses politik dan memperkuat fondasi demokrasi di masa depan, serta untuk merealisasikan program kerja dari bidang satu dan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa/i dan Siswa/i untuk menggali sekaligus menunjukkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki kepada publik. Adapun serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam CLSF ini yaitu Lomba Orasi dan Lomba Opini Tingkat Nasional, Kompetisi Debat Mahasiswa/i Tingkat Nasional dan Kompetisi Debat Siswa/i SMA/SMK/MA Se-Provinsi Bali. Lomba Opini dan Lomba Orasi Tingkat Nasional dilaksanakan  secara online dari tanggal 08/04/2023 s.d 08/05/2023. Para Juara Lomba Orasi telah diumumkan pada tanggal 13/05/2023 secara online melalui Sosial Media milik HMJ Hukum dan Kewarganegaraan, Juara 1 Alfita Dwi Safitri (Universitas Trunojoyo Madura), Juara 2 I Putu Agus Suda Pratama (Universitas Pendidikan Ganesha), dan Juara 3 Akmal Bagas Hastomo (Universitas Negeri Jakarta). Kemudian Juara Lomba Opini diumukan pada tanggal 14/05/2023 dengan Juara 1 Lomba Opini atas nama Faris Febrian (Universitas Negeri Semarang), Juara 2 Czar Daffa Al Farisi (Universitas Pendidikan Indonesia), dan Juara 3 Celine Margaretha Susanto (Universitas Surabaya).


Gambar 2. Sambutan Oleh Ketua
Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan

Hari pertama dilakukan pembukaan kegiatan Civic Law Scientific Fair Tahun 2023 dan Kompetisi Mahasiswa/i Tingkat Nasional, kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan , yaitu Bapak Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M. secara daring. Kegiatan ini juga turut dihadiri secara daring oleh Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Kaprodi Ilmu Hukum Ibu Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M.H., Staf Dosen di Lingkungan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, serta Peserta Kompetisi Debat Mahasiswa/i dan Siswa/i SMA/SMK/MA Se-Provinsi Bali. Hari pertama ini ditutup dengan pengumuman juara Lomba Debat Mahasiswa/i Tingkat Nasional yang diikuti oleh 22 perguruan tinggi di Indonesia, Tim dari Universitas Sumatra Utara berhasil meraih juara 1, Tim dari IAIN Pare-Pare (A) meraih juara 2, dan Juara 3 diraih oleh Tim IAIN Pare-pare (C).


Gambar 3. Lomba Debat SMA
Hari kedua dilaksanakan Civic Law Debate Competition Piala Bergilir Rektor Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2023 Tingkat SMA/SMK/MA Se-Provinsi Bali yang di hadiri langsung oleh Bapak Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M untuk memberi sambutan. Kegiatan ini di ikuti oleh 20 tim dan   berlangsung di dua tempat yaitu Auditorium Universitas Pendidikan Ganesha (chamber 1) dan Ruang Seminar Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (chamber 2). Tim SMA Negeri 1 Singaraja (B) berhasil meraih Piala Bergilir Rektor Universitas Pendidikan Ganesha dan  mendapatkan Juara 1, Juara 2 di raih oleh Tim dari SMA Negeri 8 Denpasar dan Juara 3 diraih oleh Tim dari SMK Negeri Bali Mandara. Untuk mengisi waktu istirahat para peserta debat kemarin, ada juga penampilan “Pantoret Putri Sagu” dari Komunitas Cemara Angin yang berada dibawah naungan HMJ Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, lalu ada penampilan dari Ferren Chaniago dan Heavenly Band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages